Video menarik saya ketika menerpkan pembelajaran inovatif berbasis TIK berpusat pada murid
Pada kegiatan PembaTIK Level 4 ini ditugaskan untuk membuat video pembelajaran inovatif berbasis TIK berpusat pada murid. Saya menerapkan model Station Rotation blended learning. Pada model ini Siswa diminta untuk memuatari stasiun untuk mengerjakan tugasnya. Saya membuat 8 statiun. Dua stasiun menerapkan pembelajaran online. Praktik baik ini lalu dipresentasikan pada webinar berbagi dan berkolaborasi pada webinar seri 6 Sahabat Teknologi DIY 2023. File yang dipresentasika berupa file PDF (klik disini untuk mendownload).
Sebelum saya menentukan menggunakan model station rotation saya menerapkan STAR Action Plan untuk menentukan langkah dan rencana apa yang harus saya lakukan.Diawali denga Situasi ( S ) memahami kondisi situasi dikelas dimana minat belajar siswa yang kurang, Tantantan ( T ) bagaimana meningkatkan motivasi belajar Siswa, Action ( A ) aksi rencana apa yang akan dilakukan dan Refleksi ( R ) melakukan refleksi bersama Siswa terkait proses pembelajaran. Apa yang sudah dipelajari, peningkatan pemahaman apa, apa yang perlu diperbaiki dan ditindak lanjuti.
Dengan melihat hasil STAR lalu saya menerapkan TPACK, dimana mengintegrasikan pemahaman pedagogik saya sebagai Guru, pemahaman kedalam materi yang saya ampu dan pengembangan teknologi yang ada serta pengalaman saya sebagai Guru di mata pelajaran Seni Budaya aspek Seni Rupa.
Alasan saya memilih menggunakan model pembelajaran station rotation adalah karena memungkinkan Siswa dapat mempelajari materi apresiasi dan kreasi dalam satu waktu, 4 pos apresiai dan 4 pos kreasi.Diakhir pembelajaran diadakan refleksi bersama dengan Siswa, apa yang dirasakan selama proses pembelajaran dan materi apa yang mereka pelajari atau pahami.
Umpan bali dari Siswa terkait dengan pengalamannya selama proses pembelajaran |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar